NASKAH AUDIO DRAMA
Judul :
Pelajaran Bahasa Indonesia “Pidato”
Tokoh :
·
Guru diperankan oleh Bapak Asnawi.
·
kelas diperankan oleh Fauzi.
·
Ketua Siswa yang cantik diperankan oleh Husna.
·
Para Siswa.
Tujuan yang akan dicapai bdengan
program ini ialah :
·
Tujuan pembelajaran Umum :
Siswa mampu menyaring,
menyerap, menganalisis informasi berupa pengetahuan, gagasan, pendapat, pesan,
saran, pengalaman, peristiwa, dan pemasalahan baik lisan maupun tertulis, dam
mengerti arti sebuah Pidato.
·
Tujuan Instruktural Khusus
:
1. Siswa dapat berpidato
2. Siswa dapat mengetahui metode
persiapan, dan hal-hal yang diperlukan dalam berpidato.
|
1.
|
MUSIK
|
PEMBUKAAN IN-UP-DOWN-UNDER
|
|
2.
|
ANNC
|
Hallo adik-adik pendengar Radio tercinta “Radio FM BRB”
Sekarang waktunya mendengar drama pendidikan pelajaran Bahasa
Indonesia dengan materi “PIDATO”, selamat mendengarkan.
|
|
3.
|
MUSIK
|
UP-DOWN-OUT
|
|
4.
|
NARATOR
|
Hmmm, berjumpa lagi dengan drama-drama pendidikan, drama ini sangat
bermanfaat bagi pelajar indonesia dengan materi pidato.
|
|
5.
|
MUSIK SISIPAN
|
IN-UP-DOWN-UNDER
|
|
6.
|
NARATOR
|
Sebelum kita mendengarkan drama pendidikan ini, yang berjudul pidato.
Saya akan memperkenalkan tokoh-tokoh yang akan bermain dalam drama...
ya ini dia, Guru diperankan oleh bapak Asnawi, ketua
kelas diperankan oleh Fauzi, Siswa yang cantik diperankan oleh Husna dan para
murid kelas 1 SLTP dan setelah mengikuti program ini kamu dapat : berpidato dan dapat mengetahui metode
persiapan, dan hal-hal yang diperlukan
dalam berpidato.
|
|
7.
|
MUSIK
|
IN-UP-DOWN-OUT
|
|
8.
|
NARATOR
|
Di siang hari menjelang waktu dzuhur terik matahari begitu menyengat
keringat bercucuran para siswa SLTP sedang melakukan pembelajaran dengan mata
pelajaran “BAHASA INDONESIA”. Dalam pertemuan kali ini guru menjelaskan
materi Pidato.
|
|
9.
|
FX
|
KAKI MELANGKAH
|
|
10.
|
GURU
|
Assalamu’alaikum anak – anak.
|
|
11.
|
PARA SISWA
|
Walaikum salam Wr. Wb...
|
|
12.
|
GURU
|
Selamat siang anak-anak. pada pelajaran kali ini kita akan belajar
materi pidato. Anak – anak apakah kalian sudah pernah mendengar seseorang
berpidato?
|
|
11.
|
PARA SISWA
|
Pernaaaah....
|
|
12.
|
SISWA HUSNA
|
Sudah pernah pak....,Sering sekali.
|
|
13.
|
GURU
|
Ok. Kalau sering mendengar orang berpidato, apa pengertian pidato ?
siapa bisa menjawab boleh junjung tangan.
|
|
14.
|
SISWA FAUZI
|
Saya Pak ( sambil menjunjung tangan )
|
|
16.
|
GURU
|
Ya silahkan Fauzi.
|
|
17.
|
FAUZI
|
Pidato adalah berbicara di depan umum.
|
|
18.
|
GURU
|
Ya bagus, jadi pidato itu adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk
kata – kata yang ditunjukkan kepada orang banyak, seperti kata agus pidato
adalah berbicara di depan umum. Apakah kalian mengerti ?
|
|
19.
|
SISWA FAUZI DAN HUSNA
|
Mengerti...
|
|
20.
|
GURU
|
Naah sebelum kita lanjutkan pelajaran apakah ada pertanyaan ?
|
|
21.
|
SISWA HUSNA
|
Terus apa hal – hal yang harus diperhatikan saat tampil berpidato pak
guru ?
|
|
22.
|
GURU
|
Perlu kita ketahui anak – anak ,hal – hal yang harus
diperhatikan saat tampil berpidato,
antara lain sebagai berikut :
a.
Volume
b.
Kontak
pendengar
c.
Penguasaan
materi
d.
Tempo
e.
Dinamik
f.
Jeda
g.
Intonasi
h.
Artikulasi
i.
Ekspresi
j.
penampilan
|
|
22.
|
SISWA HUSNA DAN FAUZI
|
Oooo ..Gitu ya pak.
|
|
23.
|
SISWA FAUZI
|
Bagaimana cara kita dalam penguasaan materi pak ?
|
|
24.
|
GURU
|
Pertanyaan yang sangat bagus. Perlu
kita ketahui anak-anak dalam berpidato
penguasaan materi sangat penting karena kita akan berada di depan banyak
orang, dalam mpenguasan materi kita bisa menghapal, mencatat atau cara yang
dapat mempermudah kita.
|
|
26
|
|
Dari penjelasan bapak tadi apakah Fauzi mengerti dan anak siswa-siswa
semua?
|
|
27.
|
FAUZI
|
mengertii
|
|
28.
|
PARA SISWA
|
Mengerti paak..
|
|
29.
|
GURU
|
Nah anak-anak sudah jelaskan !
Sekarang gantian Pak guru bertanya pada kalian. Coba sebutkan
langkah-langkah persiapan pidato ?
|
|
30.
|
SISWA HUSNA
|
Saya Pak , langkah-langkah Persiapan Pidato adalah :
1.
menentukan
tema
2.
menganalisis
pendengar dan situasi
3.
memilih
dan menyempitkan topik
4.
mengumpulkan
bahan
5.
membuat
kerangka uraian
6.
menguraikan
secara detail
7.
berlatih
dengan susra nyaring
|
|
31.
|
GURU
|
Bagus Husna, Sangat lengkap jawabanmu...boleh kita berikan tepuk
tangan pada teman kalian Husna, naah jadi begitu langkah-langkah pidato, Pak
guru tak usah mengulanginya lagi ya nak.
|
|
32.
|
SISWA HUSNA DAN FAUZI
|
Yaa pak ( menjawab dengan serempak).
|
|
33.
|
GURU
|
Waktu tinggal 7 menit lagi, sekarang pak guru akan menyelesaikan
tentang metode pidato..metode pidato terbagi atas 4 yaitu :
1.
metode
Impromptu (Serta Merta), Metode Impromptu adalah metode pidato
berdasarkan kebutuhan sesaat. Dalam hal ini tidak ada persiapan sama sekali,
pembicara secara serta merta berbicara berdasarkan pengetahuannya yang ada
dikaitkan dengan situasi dan kepentingan saat itu.
2.
Metode
Menghapal. Metode menghapal adalah metode pidato berdasarkan kegiatan
menghapal teks yang telah dipersiapkan.
3.
Metode
Naskah. Metode naskah adalah metode berdasarkan kegiatan membaca naskah yang
telah dipersiapkan.
4.
Metode
Ekstemporer. Metode ekstemporer adalah metode pidato berdasarkan kegiatan
dengan mempersiapkan garis besar materi yang akan disampaikan, kemudian
diuraikan langsung saat tampil dengan bahasa bebas sesuai situasi dan
kondisi. Nah bapak sudah panjang lebar menjelaskan apakah kalian mengerti...?
|
|
34.
|
PARA SISWA
|
Ya pak.
|
|
35.
|
FX
|
BEL BERBUNYI
|
|
36.
|
GURU
|
Nah bel sudah berbunyi jam pelajaran Bahasa Indonesia telah
berakhir...
Kalau begitu bapak akhiri pertemuan kita ini.
Aslamu’alaikum wr.wb
|
|
38.
|
PARA SISWA
|
Walaikum salam Wr.Wb
|
|
39.
|
PENUTUP
|
PENUTUP IN-UP-UNDER
|
|
40.
|
NARATOR
|
Jam pelajaran bahasa indonesia telah berakhir, Pak guru pun
meninggalkan kelas..
|
|
41.
|
MUSIK
|
UP-DOWN-OUT
|
|
42.
|
ANNC
|
Nah adik-adik sudah mendengar drama pendidikan pelajaran bahasa Indonesia
“pidato” tadi, semoga bermanfaat bagi
diri kita. Sampai berjumpa lagi di jam dan acara yang sama dengan judul drama
berbeda,dadaaah.
|
TUGAS MANDIRI
“NASKAH AUDIO DRAMA”
Untuk Memenuhi Tugas Mata
Kuliah Media Pengajaran Bahasa Indonesia
Dosen Pengampu: Ismail, S.Pd

· NAMA : NURUL HUSNA
· NPM : 30610C1065
· SEMESTER : III
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP-PGRI BANJARMASIN
KELAS C BARABAI
TAHUN AKADEMIK 2011/2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar